Kondisi Bisnis Krisis CashFlow, Apakah Marketing Terus dilanjutkan??

2

Written on 3:59 PM by Street Smart Entrepreneur Institute

Pernahkah anda mengalami kondisi kemunduran usaha yang cukup signifikan. Ditandai dengan omset penjualan menurun dan arus kas ( cashflow ) cukup mengenaskan. Lalu langkah apa yang lazimnya biasa diambil oleh kita sebagai pemilik bisnis?? Biasanya sih rata-rata memangkas biaya bujet marketing. Coba anda pikir secara logika, bisnis anda harus tetap eksis, karena anda telah terlanjur memiliki karyawan cukup banyak dan harus dibayar.Atau juga Anda memilih untuk mengurangi jumlah karyawan kedepannya untuk memangkas biaya.Lalu bagaimana dengan biaya telpon, biaya listrik, biaya operasional lainnya ditambah biaya modal untuk membeli bahan baku untuk melanjutkan putaran bisnis anda?? Tidak punya pilihan lain, anda sebagai pemilik bisnis harus menanggung resiko untuk membiayai semuanya. Dan untuk kedepannya tentu mulai fokus dengan penghematan di semua lini

Yang lain bisa di hemat, tapi untuk biaya bujet marketing, biaya pasang iklan cenderung para pemilik bisnis mengambil keputusan untuk di stop!! dulu. Mungkin anda berpikir bahwa pasang iklan atau aktivitas marketing lainnya dianggap suatu pemborosan. Pasang iklan di beberapa media atau brosur , tentu membutuhkan biaya tidak sedikit.. Pada masa-masa sulit seperti ini, untuk memangkas biaya marketing ini adalah pilihan terbaik untuk mempertahakan tingkat keuntungan.Sekilas jika dihadapkan situasi demikian, seperti Anda memilih keputusan yang benar namun sesungguhnya Anda telah mengambil keputusan yang keliru.

Pengalaman dari beberapa pemilik bisnis yang di survey di American Business Press ditambah saya pernah mengalaminya…hehehe. Ternyata ketika memberhentikan iklan atau aktivitas promosi akhirnya omzet bisnis saya juga cenderung ikut-ikutan berhenti.Atau setidaknya bisa kembali pulih tapi butuh waktu, tenaga yang cukup banyak di keluarkan.

Menurut Om Bob Bly pakar Direct Marketing beliau berpendapat :

“Anda bisa menurunkan biaya operasional hingga memenuhi batas minimal tetapi jika anda fokuskan perhatian pada peningkatan pendapatan tentunya dapat meningkatkan omset bisnis hingga tidak ada batasnya. Kenaikan yang tajam pada pendapatan adalah cara tercepat untuk memperbaiki kondisi Bisnis dan Pemasaran adalah salah satu cara untuk mengaktifkan kembali penjualan bisnis Anda.”

Ada juga yang mengatakan begini :

“Jika Anda berhenti menjual pada pelanggan Anda hari ini, maka mereka akan berhenti membeli dari Anda selamanya.”

Jadi solusinya menurut Om Bob Bly , hal utama yang perlu diperhatikan Pada saat kondisi bisnis memburuk, tingkatkan waktu Anda untuk melakukan aktivitas pemasaran dan kalau bisa mencari pelanggan baru.Dan Untuk mencegah menurunnya kondisi bisnis, maka Anda sebaiknya terus melakukan kegiatan Marketing secara konsisten dan agresif sepanjang tahun, setiap minggu, tidak hanya pada saat Anda dihadapkan masalah seperti ini.

Lalu bagaimana melakukan aktivitas marketing seperti apa yang paling efektif pada masa resesi?? Mau tahu jawabannya??? Mau tahu..aja..( kita tunggu iklan yang lewat satu ini)

Ridwan
http://street-smart-entrepreneur.blogspot.com/

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

2 Comments

  1. WURYANANO |

    Wah...tulisan yang berani neh..
    Salut, semuda ini sudah bisa berani menulis tentang 'marketing'.

    Salam Luar Biasa Prima!
    Wuryanano
    http://wuryanano.wordpress.com/

     
  2. Ricky |

    I like your this article, it is very informative and worth to share.
    Looking get more ideas or information then click here

     

Post a Comment